Sampaikan walau hanya satu ayat Al-Qur'an

11 Kunci Kenabian menurut Al-Kitab



1. Utusan Tuhan mampu memprediksikan masa depan, jika prediksinya gagal maka dia bukanlah utusan Tuhan.

Ulangan 18:21 Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan TUHAN? -- 22 apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."(TB)

Ulangan 18:21  Mungkin kamu bertanya dalam hati, 'Bagaimana kami tahu apakah pesan seorang nabi itu berasal dari TUHAN atau tidak?' -- 22 Kalau seorang nabi berbicara atas nama TUHAN, tetapi apa yang dikatakannya itu tidak terjadi, maka ramalan itu bukan dari TUHAN. Nabi itu berbicara atas namanya sendiri dan kamu tak usah takut kepadanya."(BIS)

Deuteronomy 18:21-22, "And if thou say in thine heart, How shall we know the word which the LORD hath not spoken? When a prophet speaketh in the name of the LORD, if the thing follow not, nor come to pass, that is the thing which the LORD hath not spoken, but the prophet hath spoken it presumptuously: thou shalt not be afraid of him."

___________________________________________________________________________________

2. Nabi yang diramalkan membawa ramalan dan akurat 100%, tidak ada kesalahan sama sekali (sempurna), tafsir yang kedua adalah nabi itu bernubuat tentang damai dan membawa kesejahteraan atau bisa juga ditafsirkan membawa ajaran tentang kedamaian.

Yeremia 28:9 Tetapi mengenai seorang nabi yang bernubuat tentang damai sejahtera, jika nubuat nabi itu digenapi, maka barulah ketahuan, bahwa nabi itu benar-benar diutus oleh TUHAN."(TB)

Yeremia 28:9 Tapi nabi yang meramalkan keadaan damai, hanya dapat diakui sebagai nabi yang sungguh-sungguh diutus oleh TUHAN, kalau ramalan-ramalannya menjadi kenyataan."(BIS)

Jeremiah 28:9, "The prophet which prophesieth of peace, when the word of the prophet shall come to pass, then shall the prophet be known, that the LORD hath truly sent him."
___________________________________________________________________________________

3. Ukuran menentukan utusan yg dikirim oleh Tuhan itu adalah benar-benar seorang Rasul dari Allah yg mengajarkan agamanya.

Yesaya 8:20 Carilah pengajaran dan kesaksian!(TB)

Yesaya 8:20  Jawablah begini, "Dengarkan ajaran TUHAN! Orang yang tidak bicara sesuai dengan ajaran itu, tidak mempunyai harapan."(BIS)

Isaiah 8:20, "To the law and to the testimony: if they speak not according to this word, it is because there is no light in them."

___________________________________________________________________________________

4. Nabi yang diramalkan akan mendapatkan Visi / Mimpi dari Tuhannya.

Bilangan 12:6 Lalu berfirmanlah Ia: "Dengarlah firman-Ku ini. Jika di antara kamu ada seorang nabi, maka Aku, TUHAN menyatakan diri-Ku kepadanya dalam penglihatan, Aku berbicara dengan dia dalam mimpi.(TB)

Bilangan 12:6 dan TUHAN berkata, "Dengarlah kata-kata-Ku ini! Jika di antara kamu ada seorang nabi, Aku menyatakan diri-Ku kepadanya dalam penglihatan-pengl dan berbicara dengan dia dalam mimpi.(BIS)

Numbers 12:6, "And he said, Hear now my words: If there be a prophet among you, I the LORD will make myself known unto him in a vision, and will speak unto him in a dream."

___________________________________________________________________________________

5. Nabi yang diramalkan pada saat turunnya wahyu, Matanya akan terbuka.

Bilangan 24:4  yang telah mendengar kata-kata Allah dan melihat penampakan dari Yang Mahakuasa, sambil rebah, namun dengan mata terbuka.(TB)

Bilangan 24:4  tutur kata orang yang mendengar firman Allah, yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa sambil rebah, namun dengan mata tersingkap.(BIS)

Numbers 24:4 "He hath said, which heard the words of God, which saw the vision of the Almighty, falling into a trance, but having his eyes open:"

Bilangan 24:16 tutur kata orang yang mendengar firman Allah, dan yang beroleh pengenalan akan Yang Mahatinggi, yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa, sambil rebah, namun dengan mata tersingkap.(TB)

Bilangan 24:16  yang telah mendengar kata-kata Allah, dan boleh mengenal Yang Mahatinggi; yang melihat penampakan dari Yang Mahakuasa sambil rebah namun dengan mata terbuka.(BIS)

Numbers 24:16, "He hath said, which heard the words of God, and knew the knowledge of the most High, which saw the vision of the Almighty, falling into a trance, but having his eyes open:"

___________________________________________________________________________________

6. Nabi yang diramalkan pada saat turunnya wahyu, maka akan terjadi :
   - 1. Ketika mendapat VISI dia akan merasakan ketakutan,  maka ketika dia berbicara, dia akan mewakilkan Tuhannya untuk berbicara. Dalam arti yang harfiah adalah menyampaikan ajaran-Nya.
   - 2. Bisa juga ketika dia mendapatkan wahyu dia tidak bisa berbicara, tetapi dia bisa berbicara. Atau dia berkata AKU tidak dapat MEMBACA, tetapi dia bisa MEMBACA.
   - 3. Dia akan kehilangan kesadaran atau bisa disebut pingsan, atau dalam maksud lainnya kehabisan napas saat mendapatkan wahyu dari yang Maha Kuasa.

Daniel 10:17 Masakan aku, hamba tuanku ini dapat berbicara dengan tuanku! Bukankah tidak ada lagi kekuatan padaku
dan tidak ada lagi nafas padaku?"(TB)

Daniel 10:17 Aku seperti seorang hamba yang berdiri di hadapan tuannya. Bagaimana mungkin aku bicara kepada Tuan? Tenagaku habis dan napasku sesak."(BIS)

Daniel 10:17, "For how can the servant of this my lord talk with this my lord? for as for me, straightway there remained no strength in me, neither is there breath left in me."

___________________________________________________________________________________

7. Saat mendapatkan wahyu, sekali "sentuhan" maka utusan itu akan bangkit kembali.

Daniel 10:18 Lalu dia yang rupanya seperti manusia itu menyentuh aku pula dan memberikan aku kekuatan,(TB)

Daniel 10:18  Maka sekali lagi ia menyentuh aku, lalu kurasa tenagaku bertambah.(BIS)

Daniel 10:18, "Then there came again and touched me one like the appearance of a man, and he strengthened me,"

___________________________________________________________________________________

Ayat ini ada didalam perjanjian baru dan masih diragukan kebenarannya.

8. Nabi yang diramalkan tidak akan mentafsirkan wahyu dari Tuhan. Sehingga tidak akan menimbulkan kesalahpahaman. Ayat yang dibacakan sesuai dengan makna yang dimaksudkan. Dan perlu diingat bahwa penafsiran bukanlah wahyu tetapi adalah hasil pemikiran manusia.

2 Petrus 1:20 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,(TB)

2 Petrus 1:20 Terutama sekali hendaklah kalian ingat ini: Pesan Allah yang disampaikan oleh para nabi tidak boleh ditafsirkan menurut pendapat sendiri.(BIS)

2 Peter 1:20, "Knowing this first, that no prophecy of the scripture is of any private interpretation."

 A true Prophet NEVER gives his private interpretation. He only shares what the Lord reveals. Scripture defines Scripture, not man.

Ayat yang ditafsirkan dan dimasukkan ke dalam kitab akan berubah inti dan maknanya, sehingga menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda. Hal yang diakui sebagai wahyu dalam Islam adalah teks arab Al-Qur'an yang diterima Nabi Muhammad. Kalau sudah diubah susunan kata ataupun diganti kata atau sinonimnya, hal itu tidak lagi wahyu, tetapi sudah merupakan penafsiran dari ayat Al-Qur’an.

___________________________________________________________________________________

Ayat ini ada didalam perjanjian baru dan masih diragukan kebenarannya.

9. Nabi yang diramalkan menerima wahyu / ramalan dari Tuhannya. Dia hanya mencari untuk menegakkan kalimat Tuhannya, bukan untuk memuliakan dirinya sendiri.

2 Petrus 1:21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.(TB)

2 Petrus 1:21 Sebab, tidak pernah pesan dari Allah dikabarkan hanya atas kemauan manusia. Tetapi Roh Allah menguasai orang untuk menyampaikan pesan dari Allah sendiri.(BIS)

2 Peter 1:21, "For the prophecy came not in old time by the will of man: but holy men of God spake as they were moved by the Holy Ghost."

___________________________________________________________________________________

Ayat ini ada didalam perjanjian baru dan masih diragukan kebenarannya.

10. Nabi yang diramalkan akan memdidik, memberi nasehat, menghibur disaat yang kesulitan kepada umatnya, sehingga mendorong umatnya untuk mandiri dan maju.

1 Korintus 14:3-4 Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur. Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.(TB)

1 Korintus 14:3-4 Sebaliknya orang yang menyampaikan berita dari Allah, menyampaikannya kepada manusia; untuk menguatkan mereka, untuk memberi semangat kepada mereka dan untuk menghibur mereka.Orang yang berbicara dalam bahasa yang ajaib hanya menguatkan dirinya sendiri saja, sedangkan orang yang menyampaikan berita dari Allah menolong jemaat menjadi maju.(BIS)

1 Corinthians 14:3-4, "But he that prophesieth speaketh unto men to edification, and exhortation, and comfort. He that speaketh in an unknown tongue edifieth himself; but he that prophesieth edifieth the church."

___________________________________________________________________________________

Ayat ini ada didalam perjanjian baru dan masih diragukan kebenarannya.

11. Nabi yang diramalkan tidak akan mempunyai mujizat/keajaiban, mempunyai mujizat tidak akan memenuhi ramalan.

Matius 24:24-25 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.(TB)

Matius 24:24-25 Sebab akan muncul penyelamat-penyelamat palsu dan nabi-nabi palsu. Mereka akan mengerjakan perbuatan-perbuatan yang luar biasa, dan keajaiban-keajaiban untuk menipu, kalau mungkin, umat Allah juga.Jadi, ingatlah! Aku sudah memberitahukannya kepada kalian lebih dahulu sebelum hal itu terjadi.(BIS)

Matthew 24:24-25, "For there shall arise false Christs, and false prophets, and shall shew great signs and wonders; insomuch that, if it were possible, they shall deceive the very elect.  Behold, I have told you before."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar